Skip to main content

Apa Penyakit Kutil Bisa Hilang Dengan Sendirinya Bagaimana Caranya?

Apa penyakit kutil bisa hilang dengan sendirinya? Jawabannya adalah ya. Seringkali kutil hilang dengan sendirinya, meski butuh beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun agar kutilnya hilang. Tidak semua kutil perlu diobati. Mereka umumnya pergi sendiri selama beberapa bulan atau tahun. Ini mungkin karena, seiring berjalannya waktu, sistem kekebalan tubuh Anda mampu menghancurkan human papilloma virus yang menyebabkan kutil.

Namun sayangnya ini tidak berlaku untuk semua kutil. Beberapa kutil tidak akan hilang dengan sendirinya.  Putuskanlah melakukan pengobatan dan penghilangan kutil jika:

  • Menyakitkan.
  • Memalukan.
  • Tumbuh atau menyebar ke bagian lain tubuh Anda atau ke orang lain.

Tujuan pengobatan kutil adalah untuk menghancurkan atau menghilangkan kutil tanpa membuat jaringan parut, yang bisa lebih menyakitkan daripada kutil itu sendiri. Bagaimana kutil diperlakukan tergantung pada jenis kutil, lokasinya, dan gejalanya. Yang juga penting adalah kesediaan Anda untuk mengikuti pengobatan yang bisa bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

pengobatan tidak selalu berhasil. Bahkan setelah kutil menyusut atau hilang, kutil bisa kembali atau menyebar ke bagian tubuh yang lain. Hal ini karena kebanyakan perawatan hanya menghancurkan kutil dan tidak membunuh virus yang menyebabkan kutil.

Haruskah saya Mengobati Kutil?

Apa penyakit kutil bisa hilang dengan sendirinya? Ya bisa. Namun apakah tetap dibutuhkan obat atau perawatan lainnya. atau sebenarnya seberapa penting perawatan dan pengobatan kutil dilakukan?

Banyak orang tidak mengobati kutil kecuali mereka tidak sedap dipandang atau menyakitkan. Jika Anda memiliki kutil, pengobatan mungkin tidak diperlukan. Selama tidak memalukan, menyakitkan dan merugikan orang lain. Itu karena kutil sering hilang sendiri. Tapi jika kutil itu ada di wajah atau alat kelamin Anda atau terasa sakit atau menyebar, anak Anda harus menemui dokter untuk perawatan. Biasanya aman untuk mengobati kutil di rumah dengan plaster atau asam salisilat. Jika kutil tidak mulai membaik dalam 2 minggu, temui dokter Anda.

Apa yang harus dipikirkan sebelum Melakukan Pengobatan Kutil

Sebelum merawat dan mengobati kutil Anda, ini beberapa hal yang harus di pikirkan:

  • Potensi jaringan parut. Jaringan parut adalah hal yang paling penting untuk dipikirkan saat memilih perawatan kutil.
  • Biaya. Pengobatan di rumah seringkali sama efektifnya dengan perawatan oleh dokter. Dan harganya kurang. Tapi pengobatan di rumah mungkin memakan waktu lebih lama. Perawatan rumah yang lebih murah termasuk oklusi pita dan asam salisilat tanpa resep.
  • Kemampuan Anda untuk mentoleransi rasa sakit. Metode yang lebih cepat namun lebih menyakitkan mencakup beberapa obat topikal seperti cantharidin dan cryotherapy.
  • Risiko infeksi Anda. Pengobatan terkadang bisa menyebabkan infeksi. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh terganggu atau kondisi seperti diabetes atau penyakit arteri perifer, diskusikan peningkatan risiko infeksi Anda dengan dokter Anda. Anda mungkin perlu melakukan tindakan pencegahan khusus.
  • Riwayat Anda tentang kutil rekuren. Jika Anda memiliki riwayat kutil yang kembali, Anda mungkin ingin berbicara dengan dokter Anda tentang metode pengobatan yang lebih agresif.
  • Lokasi dan jumlah kutil. Daerah besar yang ditutupi kutil mungkin lebih baik dirawat dengan asam salisilat daripada metode yang lebih menyakitkan dan berpotensi.
  • Usia. Perawatan yang menyakitkan, seperti cryotherapy, mungkin tidak sesuai untuk anak kecil. Jika Anda lebih tua dari usia 60 dan tidak pernah memiliki kutil, Anda mungkin ingin menemui dokter untuk memeriksa setiap pertumbuhan kulit untuk kanker kulit.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk perawatan. Perawatan topikal sering kali lebih lambat daripada perawatan bedah. Beberapa metode pengobatan, seperti imunoterapi yang diterapkan oleh profesional kesehatan, memerlukan kunjungan ke rumah sakit berulang kali. Dalam kasus tersebut, biaya dan ketidaknyamanan mungkin lebih besar daripada manfaat pengobatan

Cara menghilangkan kutil

Apa penyakit kutil bisa hilang dengan sendirinya ? Sering kali, kutil akan hilang tanpa bantuan apapun. Ini bisa memakan waktu lama. Dan kutil itu bisa menyebar. Jadi Anda mungkin ingin mencoba menyingkirkannya. Berikut adalah beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kutil.

  • Asam – Dalam bentuk cairan atau salep. Cara menghilangkan kutil  yang paling umum adalah dengan sejenis asam khusus, yang disebut asam salisilat, untuk diletakkan di kutil. Sebelum Anda memakai asam salisilat, Anda harus merendam kutil dalam air hangat selama sekitar 10 menit. Kemudian Anda harus mengosok kutil dengan sesuatu yang memiliki permukaan kasar, seperti batu kasar khusus yang disebut batu apung. Itu melembutkan kutil sehingga asam bekerja lebih baik. Asam mengupas kulitnya. Akhirnya, kutil itu akan terkelupas juga.
  • Freeze – Anda bisa membekukan kutil dengan semprotan pengobatan yang benar-benar dingin yang bisa Anda beli di toko. Semprotan membuat melepuh di sekitar kutil. Lepuhan tadi akan membuat kutil rontok. Jangan mencoba untuk membekukan kutil Anda dengan es batu!
  • Obat dalam krim untuk menghaluskan kutil atau pil untuk diminum.
  • Cairan nitrogen dingin untuk membekukan kutil.
  • Ditembak di kutil untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.
  • Laser dan peralatan lainnya untuk membakar kutil.
  • Operasi khusus untuk melepas kutil.

Kutil akan hilang dengan sendirinya. Namun memerlukan proses panjang. Dan tidak semua dapat hilang. Jika Anda tidak ingin menunggu dokter dan merasakan sakit atau malu memiliki kutil tersebut ada banyak cara pengobatan. Sudah terjawab bukan Apa penyakit kutil bisa hilang dengan sendirinya.

One thought on “Apa Penyakit Kutil Bisa Hilang Dengan Sendirinya Bagaimana Caranya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!