Skip to main content

Apa Penyebab Timbulnya Penyakit Kutil Di Kemaluan?

Banyak orang bertanya-tanya terkait salah satu jenis penyakit yang terdapat di kemaluan, yakni kulit kelamin. Apa penyebab timbulnya penyakit kutil di kemaluan? Untuk menjawab pertanyaan berikut, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa Sih Kutil Kelamin Itu?

Kawan, kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang memiliki tanda dan gejala tertentu yang dirasakan oleh penderita. Kutil kelamin ini bisa muncul dengan adanya benjolan daging yang berukuran kecil di sekitar area kelamin atau di sekitar rambut kelamin atau dubur. Hal yang paling mengganggu yakni timbulnya stress pada penderita akibat dari benjolan tersebut tidak sedap dipandang mata.

Penyakit ini tidak memandang jenis kelamin perempuan maupun laki-laki. Kutil jenis ini pertumbuhannya terlihat lambat, yang mana pada awalnya tak mudah dikenali dengan menggunakan mata telanjang, namun secara berangsur-angsur akan timbul dan biasanya diketahui dengan cara sentuhan. Kutil di area kelamin ini berbahaya bagi penderitanya, terutama penderita perempuan, karena beberapa tipe penyebab kutil ini bisa menyebabkan kanker servix dan gangguan pada vulva.

Tumbuhnya kutil pada sekitar organ genitalia atau di dubur ini seringkali menimbulkan rasa perih dan sakit, menimbulkan ketidaknyamanan, serta gatal di sekitar area genitalia atau dubur  yang ditumbuhi kutil tersebut.

Apa penyebab timbulnya penyakit kutil di kemaluan?

Penyebab timbulnya kutil di kemaluan yakni virus yang disebut dengan HPV (Human Papilloma Virus). Berdasarkan namanya “papilloma” virus ini akan menimbulkan benjolan ketika menyerang manusia. Sebetulnya HPV ini bisa saja menyerang anggota tubuh lainnya, seperti tangan, jari, bahkan hingga wajah. Untuk lebih spesifiknya yakni penyebab dari penyakit kutil kelamin ini adalah HPV genital. Seseorang dapat terjangkit penyakit kutil kelamin ini apabila terjadi kontak secara langsung antar kulit dengan penderita yang sudah terinfeksi.

Kontak antar kulit ini biasanya terjadi dengan melakukan hubungan seksual antara penderita dengan seseorang yang sehat. Penyakit kutil kelamin ini merupakan penyakit seksual yang umum terjadi.

Kondisi organ genitalia yang lembab serta tidak dijaga kebersihannya merupakan “iklim” yang sangat disukai oleh HPV, terutama daerah kelamin sehingga memungkinkan virus tersebut “betah” untuk tinggal di daerah kelamin. Terutama bagi orang-orang yang memiliki banyak kelenjar keringat dan tidak sedikit di daerah vital. Tentu saja penyakit kutil kelamin ini tidak bisa diremehkan, karena bagi beberapa kondisi orang tentunya akan menambah faktor risiko untuk terkena penyakit kutil kelamin, diantaranya sebagai berikut.

  • Bagi penderita hiperglikemia yang mana penderita ini semakin meningkatkan risiko untuk mikroorganisme ini tumbuh subur di dalam organ vital.

  • Kondisi stress pada seorang individu yang bisa menyebabkan produksi keringat yang cukup banyak secara terus menerus. Sistem imunitas atau daya tahan tubuh yang lemah sehingga semakin memudahkan virus untuk menyerang individu tersebut.

Sebagian besar kutil kelamin memiliki pertumbuhan yang datar sehingga sangat sulit untuk diamati secara kasat mata. Kulit kelamin ini selain tumbuh satu per satu, terdapat pula beberapa jenis kutil kelamin yang dapat tumbuh dengan jarak yang berdekatan bahkan membentuk suatu gabungan sehingga lebih besar.

Daerah Kelamin Mana Saja Yang Bisa Ditumbuhi Oleh Penyakit Kutil Kelamin Ini?

Pada pria, daerah yang bisa ditumbuhi oleh penyakit kutil kelamin ini adalah bagian batang atau ujung penis, daerah sekitar anus atau dubur, dan juga kantong zakar. Pada perempuan, penyakit kutil ini bisa tumbuh di area kulit antara lubang vagina dan lubang anus serta organ bagian dalam dari organ reproduksi wanita. Yang perlu diketahui juga adalah kutil kelamin ini bisa saja tumbuh di dareah mulut apabila seseorang sering melakukan hubungan seksual dengan cara oral sex dengan penderitanya.

Untuk mencegah terjadinya penyakit kutil kelamin ini, sebaiknya jangan pernah berganti pasangan saat berhubungan seksual karena kita tidak tahu apakah pasangan yang baru tersebut sehat secara seksual atau tidak. Selain itu, diharapkan untuk melakukan vaksinasi HPV karena vaksinasi ini akan mencegah dan melindungi diri dari serangan HPV. Selain itu, bisa juga menggunakan kondom saat berhubungan seksual.

Demikian informasi terkait dengan apa penyebab timbulnya penyakit kutil di kemaluan dan semoga bermanfaat bagi pembaca. Salam sehat.

2 thoughts on “Apa Penyebab Timbulnya Penyakit Kutil Di Kemaluan?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!