Skip to main content

Apakah Yang Menyebabkan Kutil Muncul Di Wajah dan Beberapa Jenis Kutil

Apakah yang menyebabkan kutil muncul di wajah memang selalu menjadi pertanyaan serius yang memerlukan jawaban. Pasalnya, kutil yang terdapat di bagian wajah memang tidak berbahaya, namun keadaan ini akan sangat mengganggu penampilan anda. Bagi sebagian orang, terlebih wanita, adanya kutil akan mengurangi rasa percaya diri. Untuk itu, banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk menghilangkan kutil tersebut. Ternyata, kutil ini juga dapat diatasi dengan cara-cara aman dan alami, namun berkonsultasi dengan dokter terkait kutil yang menjangkiti anda tentu sangat penting dilakukan guna mendapatkan saran yang tepat.

Apakah penyebab kutil muncul di wajah?

Kutil terjadi disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus) yang mana virus ini menyerang bagian atas kulit. Virus tersebut bekerja dengan memproduksi jumlah protein keras dengan berlebihan sehingga menumpuk dan mengeras di permukaan kulit. Virus ini sebenarnya tidak dapat menular dengan mudah. Namun, resiko penularan tetap bisa terjadi bagi orang yang kontak/bersentuhan langsung dengan penderita kutil. Tidak hanya itu, resiko penularan menjadi lebih tinggi jika anda memiliki sistem kekebalan tubuh rendah.

Penularan kutil bisa terjadi karena dua hal, yaitu penularan langsung dan penularan tidak langsung. Penularan langsung seperti yang dijelaskan sebelumnya yaitu dengan bersentuhan kulit secara langsung. Untuk penularan tidak langsung bisa disebabkan oleh media lain yang di dalamnya sudah terkontaminasi oleh virus HPV. Beberapa contoh media penularannya antara lain;

  1. Pisau cukur
  2. Kaos kaki
  3. Sepatu
  4. Pakaian
  5. Handuk
  6. Area kolam renang
  7. Lantai kamar mandi

Media-media tersebut biasanya cenderung lembab sehingga virus lebih mudah berkembang. Jika media tersebut sudah terkontaminasi, saat anda menggunakan barang tersebut akan menular pada anda. Untuk itu, sebaiknya jangan sering berbagi beberapa alat-alat pribadi anda seperti handuk, pakaian, dll dengan orang lain. Hal ini untuk mencegah virus HPV maupun virus lainnya menulari anda.

Jenis-jenis kutil

Kutil juga terdiri dari beberapa jenis. Jika dilihat dari bentuk dan lokasi tumbuhnya kutil, jenis kutil terdiri dari lima jenis, yaitu ;

1. Kutil biasa

Kutil biasa sering dijumpai di bagian jari tangan maupun kaki. Bentuk dari kutil ini seperti pada umumnya yaitu menonjol, bulat dan kasar.

2. Kutil plantar

Jenis kutil kedua yaitu kutil plantar. Kutil ini memiliki bentuk yang datar dan rata dengan bagian lubang di tengahnya. Lubang ditengahnya biasanya ditandai dengan titik hitam. Jika dilihat sekilas, kutil jenis plantar ini seperti melubangi kulit anda karena kulit di sekelilingnya mengeras. Kutil plantar ini biasanya terjadi di bagian kaki dan akan terasa sakit saat anda berjalan.

3. Kutil filiform

Jenis kutil ketiga yaitu kutil filiform yang bentuknya seperti bintil daging. Kutil ini memiliki warna yang sama dengan warna kulit anda. Kutil filiform ini biasanya tumbuh di bagian bawah dagu, leher, dan hidung.

4. Kutil datar (flat wart)

Untuk jenis kutil keempat yaitu kutil datar atau flat wart. Kutil jenis ini bentuknya datar dan seperti bekas cakaran di bagian kulit. Bentuk dari kutil jenis ini juga kecil sehingga jarang terlihat. Adapun warna kutil ini juga beragam, ada warna cokelat, merah muda, dan agak kuning. Lokasi tumbuhnya kutil jenis flat wart ini biasanya di bagian wajah, paha, dan lengan.

5. Kutil periungual

Selanjutnya yaitu kutil peringual. Kutil ini berbentuk pecah-pecah seperti kembang kol dan tumbuhnya juga berkelompok. Kutil periungual ini biasanya tumbuh di sekitar lempeng kuku sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan kuku dan terasa nyeri.

Baik jenis kutil yang terasa sakit maupun tidak sakit akan sangat mengganggu jika tidak segera diatasi. Untuk itu, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, kulit pisang, dan kapur sirih untuk menghilangkannya. Anda cukup mengoleskan bahan alami tersebut ke bagian kulit yang terkena kutil. Jika tumbuh di bagian wajah tentunya akan embuat anda merasa tidak nyaman. Terkait apakah penyebab kutil muncul di wajah juga sudah dijelaskan di atas sehingga diharapkan bisa menambah referensi dan kesadaran untuk segera mengobatinya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!