Skip to main content

Benarkah Bahaya Timbulnya Kutil Pada Kelamin Wanita dan Apa Penyebab serta Tanda-tandanya

Bahaya timbulnya kutil pada kelamin wanita – Wanita sudah sepatutnya menjaga alat kelamin agar tetap bersih sehingga tidak dihinggapi oleh bakteri dan jamur. Salah satu penyakit kelamin wanita yang memang sering dialami adalah timbulnya kutil di alat kelamin, ini tidak hanya dialami oleh wanita, terkadang sebagian pria juga mengami penyakit yang sama, bahkan salah satu penyebabnya aalah penyakit ini ditularkan oleh pria melalui berhubungan dengan wanita (istrinya). Oleh karena itu, karena ini adalah penyakit yang menular walau tidak begitu berbahaya, seorang baik itu wanita maupun pria harus selalu menjaga kebersihan alat kelaminnya. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah apa sebenarnya penyakit kutil pada kelamin wanita, penyebab serta apa tanda-tandanya seorang wanita menderita penyakit kutil pada kelaminnya. Mari kita simak dengan lebih jelas lagi.

Apa Itu Penyakit Kutil Pada Kelamin Wanita?

Penyakit kutil kelamin merupakan sebuah penyakit yang terdapat pada kelamin yang diakibatkan adanya berupa infeksi menular seksual yang ditandai dengan adanya benjolan yang bentuknya kecil seperti danging yang terdapat di bagian area kelamin dan dubur. Penyakit ini pada dasarnya tidaklah menyebabkan rasa sakit pada penderita dan tidak pula berbahaya. Tetapi meskipun tidak berbahaya, sebagian orang akan merasa risih dan bahkan stress karena penyakit tersebut.

Penyakit kutil sangat muah tersebar, yaitu dengan melakukan hubungan badan dengan lawan jenis yang sebelumnya sudah terinfeksi sehingga dapat dengan mudah menularkannya dengan pasangan wanita. Kenapa bisa demikian? Karena mereka yang tertularkan bisa saja melakukan dengan beberapa orang yang bebeda tanpa menggunakan alat pelindung.

Kutil pada kelamin, ada yang bentuknya dengan ukuran yang amat kecil dan bahkan ada yang datar jadi sangat sulit dan tidak nampak apabila kita melihatnya dengan mata tanpa menggunakan alat. Dan jika kita periksakan ke dokter kulit, maka dia akan bisa melihat bagaimana bentuknya. Seseorang yang menderita kutil pada kelamin akan merasa gatal-gatal pada bagian kulit yang terinfeksi kutil tersebut dan ini sangat sering dialami oleh wanita, jadi jika sudah merasakan gejala ini, maka lakukan secepatnya pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan penanganan langsung.

Awalnya kutil tumbuh satu kemudian tumbuh lagi dan saling bedekatan sehinga membentuk kelompok yang lebih besar. Agar bahaya timbulnya kutil pada kelamin wanita tidak dirasakan oleh wanita lainnya yang belum terinfeksi, mari kita lakukan pencegahan sejak dini. Lalu bagaimana cara mencegahnya? Berikut kami berbagi tips bagaimana mencegah terjadinya kutil pada kelamin wanita.

Apabila seseorang belum terinfeksi penyakit kutil pada kelamin, kita bisa melakukan pencegahan, caranya cukup mudah yaitu pertama menggunakan vaksin HPV, dimana dengan pemberian vaksin ini, seseorang akan sulit terinfeksi, kedua, cara mencegah adanya kutil yaitu ketika hendak melakukan hubungan dengan pasangan (suamin), hendaknya menggunakan pelindung dan ini merupakan cara yang cukup aman agar antara suami maupun istri tidak terinfeksi kutil kelamin, karena bukan hanya wanita, pria juga bisa terinfeksi penyakit kutil ini.

Pengobatan Penyakit Kutil Pada Kelamin Wanita

Apabila seseorang sudah terinfeksi penyakit kutil pada kelamin, maka jalan satu-satunya adalah dengan melakukan pengobatan. Ada dua cara pengobatan yang cukup efekti untuk menyembuhkan kutil pada kelamin wanita, yaitu:

  1. Menggunakan obat-obat topikal, obat topikal disini adalah obat yang dapat berbentuk salep, krim, dan cairan yang memiliki zat kimia khusus untuk mengatasi kutil di kelamin.
  2. Cara yang kedua adalah dengan metode ablasi. Matode ablasi adalahmetoe penghancuran kutil dengan cara dibakar, dibekukan atau bisa juga dengan dibedah. Cara ini dilakukan jika memang menggunakan obat-obat topikal tidak memberi pengaruh sama sekali. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh dokter yang sudah ahli. Jadi jangan coba sendiri karena ditakutkan akan berdampak buruk jika terjadi kesalahan.

Ini adalah cara pengobatan kutil pada kelamin wanita, anda bisa memilih kedua cara tersebut, jika belum terlalu parah dan menyebar, anda bisa menggakan cara yang pertama, akan ada kemungkinan besar untuk sembuh karena virusnya masih sedikit, namun apabila sudah menyebar dan obat tidak berpengaruh  lagi maka anda menggunakan cara kedua.

Inilah beberapa artikel tentang bahaya timbulnya kutil pada kelamin wanita semoga bermanfaat.

One thought on “Benarkah Bahaya Timbulnya Kutil Pada Kelamin Wanita dan Apa Penyebab serta Tanda-tandanya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!