Skip to main content

Cara Menghilangkan Kutil Dengan Kapur Sirih Dan Sabun Colek

Cara menghilangkan kutil dengan kapur sirih – Pastinya sebagian orang telah mengetahui penyakit yang satu ini. Ya, penyakit tersebut adalah kutil. Ketika Anda tidak mengobati penyakit ini pastinya dampak yang akan Anda dapatkan akan semakin buruk. Untuk itu sebaiknya Anda melakukan cara dalam menghilangkan kutil tersebut.

Penyebab dari tumbuhnya kutil

Virus yang menyebabkan terjadinya kutil tidaklah menular dengan mudah. Walaupun demikian, risiko penularan bisa saja terjadi ketika seseorang bersentuhan secara langsung dengan si penderita. Bahkan, jika kulitnya terdapat luka dan basah. Risiko penularan dapat meningkat ketika seseorang mempunyai antibody tubuh yang lemah. Kulit yang sudah terinfeksi virus HPV selama beberapa minggu atau bulan akan menyebabkan tumbuhnya kutil. Virus ini berkembang dengan pesat pada media yang kondisinya lembab dan bersuhu hangat. Contoh benda yang dapat menjadi tempat penularannya kutil antara lain adalah :

  • gunting kuku

  • kaos kaki
  • sepatu

  • handuk

  • pakaian

  • pisau cukur

  • lantai kamar mandi

Semua benda tersebut merupakan benda yang umum atau sering dipakai sehari-hari. Jadi Anda harus selalu memerhatikan kebersihannya jika ingin memakainya, agar tidak terjadi penularan kutil.

Tips melakukan pengobatan kutil

Anda dapat menggunakan cara menghilangkan kutil dengan kapur sirih dan sabun colek. Pada umumnya beberapa jenis kutil sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya, akan tetapi membutuhkan waktu yang lama. Waktu hilangnya tergantung pada kekebalan tubuh yang dimiliki seseorang. Agar proses penyembuhan kutil dapat dipercepat Anda dapat menggunakan bahan-bahan berikut ini. Memang beberapa orang yang menderita penyakit kutil ada yang memakai plester yang ditempel pada kutil. Selain itu ada juga beberapa cara yang dapat dilakukan. diantaranya adalah :

  • crytherapy

prosedur yang satu ini juga disebut dengan terapi pembekuan. Tahap yang dilakukan adalah kutil akan diberi berupa cairan nitrogen supaya beku yang mana berguna untuk mematikan jaringannya. Ketika sudah membeku, maka lepuhan yang dihasilkan akan terbentuk dibawah serta pada sekitar kutil. Dalam waktu seminggu/lebih biasanya jaringan kutil yang sudah mati akan terkelupas dengan sendirinya.

  • Kuret

Menggunakan metode yang satu ini maka jaringan kulit dipotong menggunakan alat bedah, lalu diangkat. Kuret akan terasa menyakitkan, bahkan dapat meninggalkan bekas luka. Tetapi menggunakan metode ini merupakan salah satu alternatif yang efektif untuk menghilangkan kutil.tetapi dapat terjadinya jaringan parut.

  • Sinar laser

Menggunakan metode ini maka tahap yang dilakukan adalah jaringan kutil dimatikan yakni dengan membakar pembuluh darah yang terdapat di dalamnya memakai sinar laser. Ketika jaringan tersebut mati, maka kutil akan terlepas dengan sendirinya. Seperti halnya kuret, pengobatan yang menggunakan laser bisa menimbulkan jaringan parut.

Menghilangkan kutil menggunakan sabun colek dan kapur sirih

Di bawah ini ada langkah-langkah dalam menggunakan sabun colek dan kapur sirih untuk mengobati kutil.

  • Ambillah sesendok makan atau sejumput kapur sirih. Lalu campurlah dengan sabun colek, yaitu sabun yang digunakan dalam mencuci piring.

  • Ambillah campuran sabun dan kapur secukupnya saja lalu oleskan pada kulit yang terdapat kutil.

  • Tutuplah menggunakan plester pastikan sabun colek dan kapurnya tetap dalam keadaan lembab. Awal pemakaian Anda akan merasa agak perih dan panas.

  • Gantilah olesan tersebut setiap dua atau tiga hari sambil dilihat perkembangan dari kutil tersebut. Sekitar 4 hari atau seminggu biasanya akan membuat kutil tersebut mengkerut dan pucat bagi beberapa orang tergantung dari kondisi kutilnya. Dan kutil dapat dicabut namun jika masih sulit Anda dapat mengulangi proses kapur dan sabun coleknya. Kutil yang dicabut terutama kutil yang ukuran kecil pasti berangsur menghilang dengan sendirinya daripada kutil yang ukurannya lebih besar.

  • Jika saat kutil dicabut mengeluarkan darah Anda dapat menghentikannya dengan kapas yang sudah diberi obat anti septik. Dan Anda tidak perlu merasa khawatir hal tersebut wajar, karena darah yang keluar merupakan akar kutil yang masuk ke dalam pembuluh darah.

Demikianlah beberapa pembahasan mengenai cara menghilangkan kutil dengan kapur sirih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!