Skip to main content

Cara Mengobati Mata Ikan dengan Bawang Putih

Cara mengobati mata ikan dengan bawang putih sudah terbukti manjur tanpa ada efek samping. Bawang putih merupakan salah satu dari sekian banyak obat herbal alami yang aman digunakan sebagai obat gangguan pada kulit tak terkecuali gangguan mata ikan. Mata ikan merupakan jenis gangguan pada kulit yang membuat kulit terasa tidak nyaman. Meskipun bukan termasuk penyakit yang berbahaya namun tetap saja rasa sakit yang ditimbulkan oleh mata ikan membuat seseorang merasa terganggu dalam beraktifitas. Behkan ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa mata ikan bisa membesar dan menjadi parah sehingga diperlukan operasi pengangkatan akar mata ikan. Penyakit mata ikan banyak dikenal dengan sebutan caplak atau kapalan.

Sedangkan dalam istilah kedokteran disebut dengan calvus atau plantar wart. Penyakit ini tidak pandang bulu dalam menyerang korbannya baik tua maupun muda, laki-laki meupun perempuan, semuanya rentan terhadap penyakit mata ikan ini. Terdapat dua jenis mata ikan yang sering timbul dipermukaan kulit yakni mata ikan keras dan mata ikan lunak. Pada mata ikan keras memang tidak lebih sakit daripada mata ikan lunak akan tetapi benjolan keras yang umumnya berada disela kaki akan mengganggu dan bukan tidak mungkin mengganggu saat beraktifitas. Sedangkan mata ikan lunak mempunyai rasa sakit yang perih apalagi ketika terkena air sehingga membuat bagian yang ada mata ikannya terasa tidak nyaman saat digerakkan.

Penyebab Mata Ikan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya mata ikan di permukaan kulit sehingga dengan mengetahui penyebabnya akan mudah menemukan cara mengobati mata ikan dengan bawang putih.

  • Virus

Faktor penyebab timbulnya mata ikan yang pertama adalah virus yang bernama human papilomavirus yang dikenal dengan singkatan HPV. Virus ini sudah terkenal mengganggu permukaan kulit dengan mengganggu produksi karoten atau protein pada jaringan kulit. kelebihan produksi protein inilah yang menyebabkan adanya gangguan seperti mata ikan. Virus ini tergolong virus yang menular sehingga seringkali ditemui mata ikan yang menular dengan cepat. Bagian tubuh yang paling banyak diserang adalah bagian yang memiliki ruas seperti ruas jemari kaki dan ruas jemari tangan. Bahkan peneliti sudah menggolongkan virus ini sesuai dengan tempatnya pada kategori HPV 1 dan HPV 2.

  • Diabetes

Diabetes merupakan penyakit akibat produksi gula yang tidak seimbang sehingga membuat beberapa enzim dalam tubuh tidak dapat berjalan dengan sempurna. Sudah banyak kasus yang mengungkapkan bahwa penyakit caplak juga dipengaruhi oleh kadar gula dalam tubuh. Karena produksi sel jaringan pada kulit juga terpengaruh dari jumlah kalori yang dibakar. Jika ada ketidakseimbangan maka akan menyebabkan gangguan yang ada pada permukaan kulit.

  • Tekanan

Berikutnya adalah tekanan yang membuat jaringan kulit tidak bisa bekerja dengan maksimal misalnya menggunakan ukuran sepatu atau sandal yang terlalu rapat tanpa ada ruang longgar untuk menguapkan keringat pada kaki. Adanya tekanan kemudian keringat ditambah bakteri atau kuman yang menempel bisa menjadi sebab utama adanya mata ikan pada kaki.

Dari beberapa faktor penyebab mata ikan paling penting adalah bagaimana menjaga kebersihan kulit sehingga terhindar dari berbagai macam masalah yang ditimbulkan oleh virus, bakteri, maupun kuman. Sudah banyak orang yang mengidap penyakit ini karena kurang menjaga kebersihan kulitnya sehingga dengan mudah gangguan tersebut muncul. Biasakan untuk mandi etratur dan juga membersihkan kulit khususnya tangan dan kaki.

Kandungan pada Bawang Putih

Banyak orang yang masih meragukan akan kemampuan bawang putih untuk menghilangkan masalah pada permukaan kulit termasuk diantaranya adalah mata ikan. Bawang putih yang memang terkenal digunakan sebagai bumbu utama di dapur ternyata memiliki kandungan sulfur dan allicin yang cukup tinggi dimana keduanya merupakan zat yang efektif untuk mengatasi luka dan gangguan pada permukaan kulit. Meskipun memiliki bau yang menyengat namun bawang memiliki manfaat yang besar karena didalam sebuah siung bawang terkandung zat yang dibutuhkan oleh jaringan kulit misalnya fosfor, magnesium, vitamin B kompleks, dan kalium.

Cara menggunakannya pun cukup mudah karena hanya dengan menghaluskan bawang putih kemudian mengoleskannya ke mata ikan maka dalam beberapa hari jika diobati secara teratur, mata ikan akan hilang dengan sendirinya. Jika ingin mengobati mata ikan dengan aman dan cepat maka bisa menggunakan cara mengobati mata ikan dengan bawang putih.

One thought on “Cara Mengobati Mata Ikan dengan Bawang Putih”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!