Skip to main content

Faktor Penyebab Timbulnya Kutil Kelamin Pada Pria

Mengetahui faktor penyebab timbulnya kutil kelamin pada pria menjadi hal yang penting agar kita bisa mencegah diri kita untuk terkena kutil yang berbahaya ini. Seperti yang kita ketahui, tonjolan-tonjolan kulit yang ada di area alat kelamin kita pastinya akan membuat kita merasa sedih. Selain itu, kita tidak akan bisa melakukan hubungan seks seperti pada umumnya. Kenapa? Karena kutil pada kelamin bisa menular ke pasangan kita. Pastinya kita juga tidak mau bila orang yang ktia sayangi terkena kutil kelamin. Oleh karena itu, untuk memberikan pengetahuan tentang kutil kelamin pada pria, kami akan membagikan beberapa informasi yang akan berguna untuk anda.

Kutil kelamin pada pria, seperti apa?

Hal yang paling bisa dikenali saat seseorang terkena kutil kelamin adalah adanya benjolan daging yang berurukuran kecil di area alat kelamin. Di sini, faktor utama penyebab timbulnya kutil kelamin pada seorang pria adalah virus yang bernama HPV – Human Papilloma Virus. Seperti yang kita ketahui, virus ini memiliki berbagai tipe. Namun, kebanyakan dari HPV memang bisa menyebabkan kutil pada permukaan kulit khususnya pada alat kelamin. Ciri-ciri yang bisa dijadikan sebagai patokan adalah adanya benjolan kecil berupa daging. Biasanya, warna dari kutil kelamin kebanyakan berwarna merah. Jika ada beberapa kutil yang berdekatan, bentuknya akan menyerupai kembang kol.

Pada umumnya, kutil kelamin yang terjadi pada pria muncul di daerah batang atau ujung penis, skrotum, dan bahkan anus. Bahkan, kutil kelamin juga bisa berkembang di dalam mulut wanita jika melakukan oral seks pada pasangan prianya. Penderita kutil kelamin akan merasakan rasa gatal dan rasa tak nyaman, bahkan rasa nyeri.

Di samping itu, ketika kita melakukan hubungan seksual, pastinya ada pendarahan yang akan dialami. Disinilah penularan kutil kelamin terjadi. Karena faktor penyebab timbulnya kutil kelamin pada pria adalah melalui virus, mereka yang terkena kutil kelamin disarankan untuk memakai alat kontrasepsi (kondom) ketika berhubungan badan dengan pasangan.

Di sisi lain, ada hal yang akan memberikan dampak psikologis pada penderita kutil kelamin. Biasanya, hubungan akan menjadi renggang jika seorang pria terkena kutil kelamin. Bukan berarti berpikiran negatif, namun hal ini menjadi realita yang sering terjadi pada pasangan yang menderita kutil kelamin. Oleh karena itu, mencegah agar tidak terkena kutil kelamin adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan.

Cara mencegah kutil kelamin pada pria

Seperti yang telah diulas pada paragraf sebelumnya, faktor utama penyebab kutil kelamin yang terjadi pada pria adalah virus yang bernama HPV. Jadi, cara paling penting untuk mencegah anda terkena kutil kelamin adalah melakukan seks secara aman. Di samping itu, wanita juga bisa terkena kutil kelamin.

Jadi, jika anda tidak menggunakan pengaman, akan ada kemungkinan resiko untuk tertular dari pasangan anda. Selain itu, anda juga harus menjaga kebersihan area genital anda. Di sini, anda bisa mencuci alat kelamin dan area sekitarnya dengan sabun yang memiliki fungsi untuk membunuh kuman dan bakteri. Jika anda ingin lebih aman, ada juga sabun khusus yang digunakan untuk memberikan perlindungan yang ekstra.

Tak hanya itu, anda juga harus mengganti celana dalam secara rutin. Kenapa? Karena hal ini untuk menjaga kebersihan area genital anda. Memakai celana dalam yang basah dan lembap, juga kami sarankan untuk tidak dilakukan. Biasanya, celana dalam yang lembap akan menjadi tempat berkembang biak yang paling disukai kuman dan bakteri.

Mengobati kutil kelamin

Pada umumnya, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kutil kelamin pada pria. Yang pertama adalah pemberian obat-obatan yang dioleskan ke area kulit yang terkena kutil. Di sini, obat yang digunakan baisanya berupa krim, cairan, atau salep. Selain itu, ada juga cara-cara yang alami untuk bisa dicoba. Seperti menggunakan bawang putih, vitamin C, atau larutan garam.

Untuk cara yang kedua dilakukan dengan prosedur ablasi, yaitu dengan menghancurkan kulit yang terkena kutil. Cara ini dipilih jika pemberian obat-obatan tidak menunjukkan penyembuhan yang signifikan. Selain itu, karena faktor penyebab timbulnya kutil kelamin pada pria adalah virus HPV, biasanya pemberian vaksin juga dilakukan.

2 thoughts on “Faktor Penyebab Timbulnya Kutil Kelamin Pada Pria”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!