Skip to main content

Gejala Gejala Timbulnya Penyakit Kutil Kelamin Wanita

Gejala gejala timbulnya penyakit kutil kelamin wanita bisa dideteksi sekitar 2-4 minggu setelah terinfeksi virus HPV (Human Papiloma Virus). Virus ini disebarkan melalui hubungan seks yang tidak menggunakan pengaman atau terlibat kontak langsung dengan kulti penderita lainnya. Lebih dari 60% orang yang tertular kutil kelamin melalui hubungan seks dengan pasangannya. Daerah yang palings ering ditumbuhi oleh kutil kelamin adalah bagian yang bersifat hangat dan lembab seperti vulva, genital, serviks, sekeliling anus dan rektrum. Bagian-bagian vital tersebut merupakan bagian paling rentan terkena virus ini.

Kutil kelamin memiliki bentuk yang pipih dan menyerupai warna kulit pada bagian vital sehingga seringkali tidak nampak kasat mata sebelum diteliti secara jelas. Banyak wanita yang tidak menyadari adanya kutil kelamin pada bagian vitalnya karena kecilnya kutil tersebut dan tentu saja tidak ada rasa sakit yang ditimbulkannya. Akan tetapi memiliki kutil kelamin membuat wanita akan merasa malu pada pasangannya karena dianggap memiliki kehidupan yang kurang bersih dan tentu saja menurunkan harga dirinya didepan pasangan dengan adanya benjolan-benjolan kecil pada bagian vital. Oleh akrena itulah banyak wanita yang menghalalkan segala cara untuk menghilangkan kutil ini.

Gejala Awal Timbulnya Kutil Pada Kelamin Wanita

Gejala gejala timbulnya penyakit kutil kelamin wanita tidak bisa dirasakan dengan jelas karena kecilnya ukuran dari kutil tersebut. Apalagi letaknya yang berada di bagian bawah dan sulit untuk dilihat sehingga banyak wanita yang tidak sadar akan kehadirannya. Lantas bagaimana ciri-ciri wanita yang mengidap kutil kelamin atau ditumbuhi benjolan pada kelaminnya? Umumnya adanya benjolan pada kelamin wanita diawali dengan adanya rasa gataldan panas pada bagian permukaan alat kelaminnya.

Secara tak sadar wanita akan menggaruknya sehingga memicu adanya keringat adn bakteri tak baik yang ikut didalamnya. Tak berselang lama akan timbul benjolan kecil menyerupai cengger ayam dan tarasa seperti daging yang muncu secara tiba-tiba. Adanya kutil ini tidaklah sakit hanya saja ada rasa tidak nyaman ketika tergesek saat sedang ebraktifitas.

Pada beberapa kasus ada yang merasakannya dengan adanya pembengkakan, rasa nyeri dan perih, dan tidak sedikit yang mengeluarkan darah karena tak sengaja tergores tangan. Jika dibiarkan terlalu lama berada di bagian alat kelamin umumnya kutil akan membesar dan tarasa gatal lagi nyeri saat etrkena gesekan. Oleh kaerna itulah selagi merasakan kehadirannya diawal ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter akan upaya menghilangkannya.

Wanita yang Rentan Terhadap Penyakit Kutil Kelamin

Selain faktor yang telah dijelaskan diatas terdapat beebrapa wanita yang rentan terkena penyakit kutil kelamin ini karena pengaruh budaya bebas atau juga pengaruh kurang adanya perhatian apda pola hidup sehat. Berikut ini beberapa wanita yang beresiko terkena kutil kelamin.

  • Wanita yang terbiasa free sex atau seks bebas sehingga tidak membatasi dengan siapa dia berhubungan badan. Pada kasus demikian dikhawatirkan bahwa setiap lelaki yang berhubungan badan sudah terjangkit kutil kelamin ini. apalagi jika pasangan tersebut sudah memiliki riwayat penyakit kelamin tentu saja akan dengan mudah menular ke bagian vital pada wanita.
  • Wanita yang tidak menggunakan pengaman saat berhubungan badan juga memiliki kasus yang sama. Tanpa adanya perlindungan yang efektif maka kemungkinan besar kutil kelamin bisa tumbuh pada bagian dalam ataupun dinding serviks. Tentunya hal ini akan membuat tidak nyaman ketika akan berhubungan badan lagi. Jadi untuk mencegah adanya penularan kutil kelamin ada baiknya untuk meminta pasangan menggunakan kondom atau pengaman lainnya saat ingin berhubungan badan.
  • Memiliki riwayat penyakit kelamin juga bisa dijadikan salah satu faktor adanya kutil kelamin. Gangguan dari penyakit tersebut akan mempengaruhi daya tahan kulit kelamin dalam meolak virus HPV yang menyebabkan datanganya kutil.
  • Berhubungan seksual sebelum waktunya akan menjadi faktor terakhir pada wanita yang rentan terhadap kutil kelamin.

Cara Aman Menghilangkan Kutil Kelamin Pada Wanita

Terdapat banyak cara yang aman untuk menghilangkan kutil kelamin pada wanita. Apalagi permukaan kulit yang ada pada kelamin wanita berbeda dengan kulit lainnya sehingga membutuhkan cara khusus untuk menghilangkannya. Cara terbaik untuk dapat menghindari dari kutil kelamin adalah dengan berkonsultasi dengan dokter ketika muncul gejala gejala timbulnya penyakit kutil kelamin wanita.

One thought on “Gejala Gejala Timbulnya Penyakit Kutil Kelamin Wanita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!