Skip to main content

Tips Menghindari dan Mengobati Mata Ikan

Cara menghilangkan mata ikan yang tumbuh di tangan harus diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Mata ikan merupakan penyakit kulit yang kebanyakan timbul di telapak tangan dan juga telapak kaki. Bahkan, mata ikan juga sering muncul diantara sela-sela jari tangan. Mata ikan merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus HPV , virus ini sama dengan penyebab kutil yang sering muncul di kulit. Lalu, apakah penyebab menyebarnya penyakit mata ikan ini dan bagaimana cara menghilangkan mata ikan yang tumbuh di tangan?

Penyebab mata ikan

Penyebab utama dari munculnya mata ikan adalah penyebaran virus Human Pallomavirus pada tubuh manusia. Penyebaran virus ini menyebabkan munculnya mata ikan di telapak tangan dan juga jari-jari tangan Anda. Pertama, mata ikan bisa terjadi akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjaga kebersihannya. Apabila Anda sering menggunakan sarung tangan, sarung tangan bisa menjadi penyebab timbulnya mata ikan di tangan Anda. Kedua, tekanan yang terlalu berlebihan pada tangan Anda bisa menyebabkan timbulnya mata ikan.

Apabila Anda mengendarai sepeda motor dan sering mengangkat benda berat mungkin hal itu juga bisa menjadi penyebab mata ikan. Ketiga, gesekan yang terlalu sering pada kaki dan juga tangan bisa menyebabkan terjadinya penyakit kulit jenis ini. Keempat, sering menggunakan benda umum seperti di kamar mandi umum, alat-alat di tempat gym dan benda-benda lainnya juga bisa memicu penularan virus HPV yang menyebabkan mata ikan.

Tips-tips mencegah timbulnya mata ikan

  1. Mencuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun bisa mencegah timbulnya atau penyebaran virus HPV penyebab penyakit mata ikan. Alangkah baiknya untuk selalu mencuci tangan sebelum memasuki rumah Anda hal ini dikarenakan Anda mungkin membawa virus dan bakteri ataupun kuman yang bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.

  2. Menggosokkan krim pelembab pada tangan Anda juga bisa mencegah munculnya mata ikan. Kulit tangan yang kering bisa memicu perkembangan virus mata ikan di dalam kulit Anda. Jadi gunakanlah pelembab kulit rutin agar telapak tangan dan sela-sela jari Anda selalu terjaga kesehatannya.

  3. Hindari penggunaan benda-benda milik umum. Anda harus ekstra berhati-hati dan selalu mencuci atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer untuk membunuh virus dan kuman yang mungkin melekat ke kulit Anda.

  4. Mencuci sarung tangan secara teratur juga bisa menjadi cara efektif untuk menghindari terjangkitnya penularan virus HPV. Sarung tangan bersih yang Anda kenakan sehari-harinya bisa menghindari timbulnya penyakit mata ikan.

Pengobatan mata ikan

  1. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggosok mata ikan untuk menghilangkan mata ikan tersebut. Langkah pertama yang harus Anda persiapkan ialah air hangat, baskom, dan batu apung. Rendam bagian telapak tangan Anda yang mempunyai mata ikan di dalam baskom berisikan air hangat. Perendaman dengan air hangat ini dilakukan untuk melunakkan mata ikan yang mungkin keras dan sulit untuk dikelupas. Setelah dirasa cukup dan mata ikan Anda cukup lunak maka kelupaskanlah mata ikan tersebut menggunakan batu apung. Gosokkan batu apung tersebut searah dan secara perlahan.

  2. Cara kedua adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Anda bisa menggunakan getah pepaya untuk mengelupaskan mata ikan di tangan Anda. Anda hanya perlu mencari pepaya mentah dan ambil getahnya, lalu gosokkan di permukaan kulit yang terdapat mata ikan. Tunggu getah itu sampai mongering di kulit Anda lalu bersihkan. Anda harus melakukan metode ini secara rutin untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin. Cara tradisional yang kedua ialah dengan menggunakan air rendaman kapur sirih. Anda bisa menggunakan air kapur sirih ini dan mengoleskannya di area mata ikan. Lalu, gunakanlah kain yang agak kasar untuk menggosok mata ikan pada tangan Anda.

  3. Cara ketiga ialah dengan berkonsultasi ke tenaga medis. Dokter mungkin akan menyarankan obat-obatan dan juga bantalan untuk mengelupas mata ikan. Bantalan ini mengandung asam salisilat yang cukup kuat. Obat ini mungkin bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit dan juga kulit terbakar akibat kandungan asam salisilatnya. Metode ini mungkin sangat ampuh sebagai cara menghilangkan mata ikan yang tumbuh di tangan.

One thought on “Tips Menghindari dan Mengobati Mata Ikan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!